Topik 6 - Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural

 

Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dari Sudut Pandang Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik.

Disusun Oleh:

Nurtuti Awaliyah

NIM. 2305438722

PPG Prajabatan Universitas Riau

 

Dalam topik 6 mata kuliah persektif sosiokultural dalam pendidikan pada alur mulai diri saya menyadari bahwa dalam proses pembelajaran selalu dipengaruhi oleh isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari sudut pandang sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya memperkuat pemahaman ini setelah menonton salah satu video dalam materi pembelajaran yang menggambarkan situasi di suatu daerah di mana anak-anak kesulitan mengakses pendidikan karena kendala ekonomi dan keterbatasan fasilitas pendidikan. Hal ini memberikan dukungan pada pandangan saya bahwa isu-isu penyelenggaraan pendidikan memiliki dampak signifikan terhadap proses pembelajaran.

Dilanjutkan pada di alur eksplorasi konsep hal yang saya memahami  bahwa menjadi seorang pendidik memerlukan kesiapan untuk menghadapi tugas mengajar dengan pemahaman mendalam tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Karena masalah-masalah ini merupakan hal yang sangat vital dalam konteks pendidikan di Indonesia, dimana pelaksanaan pendidikan tidak dapat dilepaskan dari dinamika isu-isu tersebut. Sebagai contoh, ada regulasi-regulasi pendidikan yang tidak dapat diterapkan di beberapa daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) karena adanya keterbatasan sosial, ekonomi, dan bahkan sumber daya manusia. Fasilitas yang mendukung tercapainya pendidikan dan pembelajaran yang diharapkan oleh peserta didik tidak dapat terwujud karena adanya faktor-faktor tersebut. Oleh karena itu, aspek sosiokultural harus menjadi perhatian utama bagi semua pihak agar penyelenggaraan pendidikan di seluruh negeri ini menjadi lebih adil dan merata. Sebagai pendidik, kita harus mampu menjadi agen perubahan yang mendorong peningkatan dalam lingkungan pendidikan. Hal ini akan memungkinkan kita menciptakan kondisi lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung peserta didik untuk berkembang secara optimal. Selain itu, pemahaman yang mendalam tentang isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik juga memungkinkan kita untuk lebih baik dalam mengatasi tantangan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran.

Kemudian di alur ruang kolaborasi hal yang saya pelajari dengan rekan-rekan mengenai pentingnya isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif social, budaya, ekonomi, dan politik Karena dapat memengaruhi mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Selain itu, berbicara tentang kesiapan mengajar dengan mempertimbangkan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari segi sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Berdasarkan diskusi tersebut, pemahaman saya semakin bertambah bahwa hal yang harus dipersiapkan dalam proses pembelajaran adalah mempertimbangkan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang ada saat ini. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua anak mendapatkan kesempatan pendidikan yang setara dan merata

Pada alur demonstrasi kontekstual hal yang saya pelajari dengan berdiskusi kelompok dengan rekan-rekan dengan dosen memberikan manfaat dan dampak positif yang diperoleh, seperti memperoleh pengetahuan yang beragam mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik di Indonesia. Hal ini membuka wawasan yang lebih luas tentang bagaimana isu-isu tersebut memengaruhi proses pembelajaran. Selain itu, pentingnya memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari sudut pandang sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam proses pembelajaran untuk memastikan bahwa tidak ada kesenjangan dalam akses pendidikan.

Selanjutnya pada alur elaborasi pemahaman saya lebih memahami tentang bagaimana isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat berdampak pada proses pembelajaran. Di Indonesia, berbagai isu terkait penyelenggaraan pendidikan sangatlah melimpah, seperti ketidakmerataan dalam sarana dan prasarana pendidikan, serta kekurangan sumber daya manusia khususnya di daerah 3T. Kondisi ini, baik dari segi sarana, prasarana, maupun tenaga pendidik yang tidak memadai, sangat memengaruhi jalannya pendidikan dan pembelajaran. Dampaknya adalah masih banyak anak-anak di Indonesia yang memiliki tingkat pendidikan rendah karena berbagai faktor seperti kendala ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Dalam tahapan elaborasi pemahaman, disajikan pandangan mengenai cara seorang guru mengatasi tantangan atau isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Salah satu strategi yang disarankan adalah dengan tetap berpikiran jernih, tidak langsung percaya sepenuhnya pada isu-isu tersebut, dan menghindari pengambilan keputusan yang tergesa-gesa. Oleh karena itu, langkah yang perlu diambil untuk menanggapi tantangan tersebut adalah dengan melakukan pengamatan, wawancara, membaca artikel, jurnal, dan berdiskusi dengan mereka yang berpengalaman di bidang pendidikan. Dengan demikian, sebagai calon pendidik, penting untuk memahami topik ini sebagai bekal untuk masa depan ketika menjadi seorang pendidik. Meskipun begitu, terdapat aspek ekonomi yang ingin saya dalami lebih lanjut, karena merupakan bagian penting dalam isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Salah satu hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah “Bagaimana sekolah dapat mengatasi isu-isu ketidaksetaraan gender dalam pendidikan, serta mempromosikan inklusivitas dan kesetaraan di dalam lingkungan pembelajaran?” dan “Apa dampak dari kebijakan sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang ada terhadap inklusivitas pendidikan, aksesibilitas pendidikan, dan kualitas pembelajaran di sekolah?”

Pada alur koneksi materi keterkaitan antara topik dengan bahasan isu-isu penyelenggaraan pendidian dengan mata kuliah lain seperti filosofi pendidikan Indonesia berkaitan dengan pendidikan diberikan kebebasan kepada peserta didik untuk pembelajaran sesuai dengan kodrat alam dan zamannya. Adanya pembelajaran proyek penguatan profil pelajar pancasila menjadi salah satu isu yang harus dicermati dan di implementaasikan di sekolah. Kemudian dikaitkan dengan mata kuliah pemahaman peserta didik dan pembelajarannya berkaitan tentang keragamaan peserta didik dari berbagai latar belakang, potensi, dan sosial budaya, dengan perbedaan ini adanya isu dalam penyelengaraan dan pembelajaran serta asesmen yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Kemudian mata kulian Prinsip Pengajaran Asesmen I berkaitan tentang pelaksanaan pembelajaran dan asesmen yang efektif, guru harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Adapun isu pendidikan abad ke-21 ini pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan memperhatikan segala kesiapan dan kebutuhan peserta didik sebelum pembelajaran dengan melakukan asesmen diagnostic. Serta mata kuliah PPL I berkaitan melakukan praktek pembelajaran, guru harus memperhatikan isu permasalahan disekitar lingkungan peserta didik. Dengan isu tersebut mempengaruhi bagaimana pembelajatan dapat berjalan dan terlaksana baik. Contohnya lingkungan sekolah tidak bersih sehingga pembelajaran tidak nyaman solusinya melakukan gotong royong agar pembelajaran nyaman

Pada alur aksi nyata, manfaat yang saya sadari bahwa bahwa sebagai seorang guru, penting untuk memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik karena dapat memengaruhi proses pembelajaran. Saat ini, tingkat kesiapan saya masih sekitar 7 dari skala 10 karena saya menyadari masih banyak hal yang perlu dipelajari untuk menjadi seorang pendidik yang profesional. Selain itu, saya juga menyadari perlunya adaptasi di lingkungan baru yang akan saya hadapi, termasuk mengenal sekolah, lingkungannya, serta peserta didik yang memiliki latar belakang yang beragam. Untuk lebih mempersiapkan diri secara optimal, saya menyadari bahwa perlu terus belajar dengan membaca literatur yang banyak mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di Indonesia serta terus mengikuti perkembangannya. Dengan demikian, sebagai seorang pendidik di masa depan, saya berharap dapat mengimplementasikan pengetahuan dan pemahaman yang saya peroleh secara maksimal sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Matematika Yunani dan Perkembangannya

Cosinus Arah Sebuah Segmen

Sejarah Matematika Perkembangan Geometri Analitik Abad Ke-17